Postingan ini merupakan variabel bebas ke 4 (X4) dari
penelitian disertasi Yonas Muanley. dengan judul utama "Efektivitas Proses Pembelajaran di STT" dengan salah satu variabel bebas yaitu Pemanfaatan Free Weblog sebagai Bahan Ajar Online Berbasis Blog. Dan selnjutnya untuk keperluan postingan ini maka saya
sederhanakan. Penyederhanaan ini dimaksudkan untuk tidak membosankan pengunjung
blog dalam berinteraksi dengan isi postingan yang terlampau panjang.
Berdasarkan pemahaman ini saya masuk dalam pembahasan singkat tentang judul
postingan di atas.
Zaman Yesus dan zaman kini berbeda, teknologi pada zaman
Yesus dengan teknologi pada zaman kini berbeda. Yesus pada waktu melaksanakan
tugas mengajar tidak mengabaikan teknologi, walaupun teknologinya sederhana
yaitu perahu. Yesus memakai perahu untuk mengajar.
Yesus Kristus diutus oleh Bapa untuk misi menyelamatan
manusia berdosa. Dalam menjalankan tugas misi itu, Yesus menempuhnya dengan
mengajar. Yesus memanggil murid-murid-Nya yang pertama dengan memperkenalkan tujuan
instruksional pengajaran, yaitu “mampu menjadi penjala manusia” (Mat. 4: 19…).
Berdasarkan tujuan instruksional itu, Yesus juga memilih setting instruksional,
seperti memilih bahan instruksional (misalnya ucapan atau isi bahagia yang
disampaikan melalui khotbah Yesus di Bukit) tempat instruksional (misalnya
mengajar di bukit), menggunakan media instruksional, yaitu Yesus mengajar orang
banyak di atas perahu(Luk. 5:3),
melakukan doa instruksional (salah satunya adalah doa Bapa Kami), dan aspek lain yang berkaitan dengan
mengajar.
Berdasarkan informasi awal ini jelas menunjukkan bahwa
ada disain instruksional pengajaran dengan berbagai komponen yang menunjang
untuk tercapai tujuan instrusional yang telah Yesus tetapkan seperti dalam
Injil Matius 4:19. Salah satu komponen yang Yesus pakai untuk mencapai tujuan
instruksional adalah media instruksional,
khususnya pada peristiwa Yesus mengajar orang banyak dari atas perahu. Perahu
hanyalah sebuah media atau alat untuk menyampaikan informasi (pengajaran). Pada
media yang sama, murid-murid-Nya dapat memakainya untuk menangkap ikan. Jadi,
satu media dapat dipakai untuk banyak tujuan instruksional.
Hal
yang menarik penulis untuk mengadakan penelitian ini, yakni perkembangan alat
teknologi pada zaman Yesus dengan zaman sekarang tentunya sangat berbeda. Bila
pada zaman dulu, Yesus memilih perahu untuk mengajar orang banyak maka sekarang
ada banyak fasilitas teknologi, mulai dari sederhana sampai teknologi informasi
canggih, khususnya internet dengan berbagai fasilitas yang tersedia pada
internet untuk kepentingan informasi.
Perkembangan ilmu dan teknologi yang merupakan hasil dari
pendidikan terhadap manusia muda, membawa dampak perubahan yang sangat besar,
salah satunya adalah ditemukannya internet oleh Departemen Pertahanan Amerika
pada tahun 1969..Penemuan ini membawa
perkembangan baru. Sejak ditemukan internet, internet hanya terbatas pada
negara-negara tertentu dan untuk bidang-bidang tertentu. Akan tetapi sesuai
perkembangan zaman maka internet mulai dibutuhkan di berbagai bidang kehidupan
manusia. Salah satunya yaitu dalam dunia Pendidikan.
Internet merupakan koneksi antara satu komputer dengan
komputer lain di seluruh dunia. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1.000 komputer. Pada tahun 1987, jumlah
computer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000
lebih. Pada tahun 1988, jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan
memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Tahun 1989 jumlah computer yang
saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat, sehingga diperkirakan pada
tahun 1989, sudah tercapai 100.000 komputer yang saling terhubung atau
membentuk jaringan. Tahun 1990 merupakan tahun yang bersejarah, yaitu ketika
Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah
antara satu computer dengan computer lainnya, yang membentuk jaringan itu.
Program ini kemudian disebut www (world wide web).
Pada tahun 1992, computer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta computer dan di tahun yang sama
muncul istilah surving the internet.
Tahun 1994, situs internet telah berkembang menjadi 3.000 alamat halaman dan
untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Di tahun 1994, Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0
Perkembangan Tehnologi Informasi dan Internet sebagaimana
yang dimaksud di atas, membuat masyarakat tidak dibatasi oleh jarak antara dua
orang atau lebih yang ingin berkomunikasi secara langsung, hal ini disebabkan
karena salah satu fungsi internet adalah untuk menghilangkan jarak antara dua
orang atau lebih yang ingin berkomunikasi secara langsung secara online. Orang
dapat berkomunikasi dari satu Negara ke Negara lain yang jaraknya terlampau
jauh tetapi dapat diatasi melalui internet. Berkomunikasi di telepon bisa saja
dilakukan antara satu dengan lain melalui jarak yang jauh tetapi membutuhkan
biaya yang sangat mahal, internet mengatasi kendala tersebut.
Bila dikatakan internet mengatasi factor hambatan jarak
antara satu individu dengan yang lainnya maka hal ini dapat dimungkinkan karena
internet memiliki fasilitas-fasilitas berkomunikasi seperti: electronic mail
(e-mail), discussion group, maling list (milis), newsgroups, FTP (file transfer
protocol), Telnet, Gopher, dan world wide web (www). Bagian terakhir ini akan
menjadi focus pembahasan penulis dalam disertasi. World wide web adalah layanan
internet yang paling banyak dikenal orang dan perkembangan teknologinya paling
cepat. Layanan ini menggunakan link
hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman
web dari server.
Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, teks,
dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis.
Pengguna dapat melihat world wide web dari sebuah browser, yaitu program yang
dapat menampilkan HTML (skrip halaman web)[1].
Aplikasi dari world wide web adalah domain (alamat web)
dan hosting (tempat meletakkan produk yang berupa informasi dalam bentuk teks,
gambar, suara) yang berbayar dan gratis. Bagian yang terakhir ini seperti: www.blogspot.com,
www.wordpress.com,
www.multiply.com
dan lain-lain. (skrip halaman web)[2].
Fasilitas internet yang terakhir ini memberi peluang yang sangat besar dalam
komunikasi di dunia pendidikan atau dalam proses pembelajaran, khususnya
penyediaan layanan weblog atau blog berbayar maupun yang gratis, seperti: www.blogger.com
(blogspot.com), www.wordpress.com
dapat dipakai untuk proses pembelajaran.
Di dunia pendidikan umum sudah banyak yang memanfaatkan
untuk kepentingan proses pembelajaran setiap mata kuliah. Di perguruan tinggi
mulai dikenal blog dosen, baik yang dikelola oleh lembaga (fakultas) maupun
oleh pribadi dosen. Perkembangan yang lebih signifikan adalah ternyata
guru-guru di SMA atau SMK telah memiliki blog yang dikelola untuk mata
pelajaran yang diasuh.
Fakta ini (paparan di atas) tidak diikuti oleh warga pembelajar, khususnya
para dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi. Para dosen Teologi, baik yang
di bidang Teologi maupun Pendidikan Agama Kristen sedikit yang memiliki blog,
demikian pula mahasiswa Teologi. Kalaupun ada, jarang ada yang merancang blog
gratis seperti Blogspot dan wordpress sebagai media instruksional. Oleh karena
itu maka perlu dibahas memanfaatkan blog gratis sebagai media instruksional
pembelajaran untuk setiap mata kuliah yang diasuh oleh dosen di Sekolah
Teologi.
Memang benar bahwa internet ketika ditemukan dan dalam
perkembangannya hanya terbatas pemakaiannya oleh orang-orang dari golongan
menengah ke atas dan perusahan-perusahan besar. Akan tetapi seiring
perkembangan tehnologi informasi yang semakin canggih (era revolusi internet)
mempengaruhi perkembangan internet ke seluruh pelosok dunia, mulai dari
perkotaan sampai pedesaan, perkembangan internet yang demikian pesat dan
canggih tentu menguntungkan masyarakat.
Seiring dengan itu, terjadi persaingan tehnologi
informasi dari perusahan-perusahan besar, khususnya tehnologi informasi seperti
Komputer, Laptop, notebook, netbook, hp-hp murah dan lain sebagainya yang
merupakan produk-produk dari perusahan-perusahan besar, seperti produk Cina dan
Korea membuat masyarakat semakin diuntungkan, karena tehnologi informasi yang
dulunya mahal sekarang menjadi semakin terjangkau oleh masyarakat kalangan
ekonomi menengah kebawah . Perkembangan teknologi yang demikian semakin lama
semakin membawa pada persaingan harga, harga berbagai teknologi informasi
seperti lap top, notebook, netbook, hp mulai relative murah.
Perangkat tehnologi informatika seperti computer, pocket
pc, notebook, netbook, dan telepon selular yang semuanya bisa digunakan untuk
browsing internet dengan mudah. Dengan demikian internet bukan lagi sebagai
barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang bagi sebagian orang sudah
keharusan. Tidak heran perkembangan demikian membuat internet dijadikan sebagai
media yang sangat potensial untuk berbisnis, sarana media pendidikan dan
lain-lain.
Hal ini membuat penulis surving di internet untuk mencari
seberapa banyak dosen teologi, baik jurusan teologi maupun pendidikan agama
Kristen yang memiliki blog yang dipakai untuk proses pembelajaran, ternyata
hasilnya tidak terlalu banyak. Kalaupun ada, isi blognya tidak diatur dalam
format disain isntruksional yang menjadikan weblog atau blog yang dikelola
sebagai media instruksional pengajaran. Padahal di blog terdapat banyak peluang
untuk disain instruksional pengajaran, khususnya untuk mata kuliah yang diasuh.
Tidak hanya untuk tujuan instruksional pengajaran tetapi tujuan instruksional
lembaga pendidikanpun dapat disampaikan dalam blog. Blog sangat efektif dan
efisien untuk dijadikan sebagai media instruksional pengajaran. Dikatakan
demikian karena weblog atau blog adalah salah satu fasilitas internet. Sebagai
bagian dari fasilitas internet maka isi blog memiliki jangkauan yang sangat
luas atau mendunia. Bagaimana cara kerja internet?
Internet sebagaimana yang dipaparkan di atas, mempunyai
cara kerja yang biasa disebut dengan cara kerja
internet (international network)
yaitu koneksian dari berbagai computer yang ada di dunia yang menghubungkan
organisasi pendidikan, komersial, nirlaba, militer, bahkan perorangan. Susunan
seperti ini disebut jaringan server/klien. Komputer klien adalah computer yang
meminta data atau layanan. Server atau
host computer adalah computer pusat penyedia data atau layanan yang diminta.
Ketika computer klien meminta (misalnya, informasi beragam penerbangan dan
harga tiket) ke computer server, computer server mengirim informasi tersebut ke
computer klien.[3]
Bagian
terakhir dari alinea diatas, menegaskan bahwa koneksian internet sudah mulai
diterapkan dalam pendidikan, yaitu ada koneksi dari satu computer ke computer
lain yang berada di dunia yang terkoneksi dengan dunia pendidikan. Itu berarti
fasilitas internet dipakai untuk kebutuhan pendidikan. Dalam dunia pendidikan
tidak dapat mengabaikan komunikasi, komunikasi demikian dapat diwujudkan
melalui internet.
Ada
banyak cara berkomunikasi di internet, seperti berkomunikasi melalui email,
chatting (mengobrol) yaitu percakapan langsung antara dua orang atau lebih,
baik melalui tulisan, suara, atau visual, di dalam dunia maya,[4]
selain itu komunikasi juga dapat dilakukan melalui weblog atau blog, memposting
video, Facebook dan lain-lain.
Secara
singkat dapat dikatakan bahwa sejarah internet dimulai pada tahun 1969 oleh
Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency
(DARPA), memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah
computer sehingga membentuk jaringan organic.
Program riset ini dikenal dengan nama Arpanet. Pada tahun 1970, sudah lebih
dari sepuluh computer yang telah berhasil dihubungkan satu sama lain, sehingga
mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
untuk Arpanet setahun sebelumnya. Program e-mail ini kemudian menjadi popular.
Pada tahun yang sama, ikon @ juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang
menunjukkan “at” atau “pada”.
Tahun 1973, jaringan computer Arpanet mulai dikembangkan
ke luar Amerika Serikat. Kemudian di Inggris, computer University College di
London menjadi computer pertama di Inggris yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli computer, Vinton Cerf dab Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal-bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di
Universitas Sussex. Tahun 1976, Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari
Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih
dari 100 komputer yang bergabung di Arpanet membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott,
Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama
Usenet. Tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan
telepon telivisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon sambil
berhubungan dengan video link.
Oleh
karena computer yang membentuk jaringan semakinhari semakin banyak, dibutuhkan
sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982,
dibentuk transmission control protocol (TCP) dan internet protocol (IP).
Sementara itu, di Eropa muncul jaringan computer tandingan yang dikenal dengan
nama Eunet, yang menyediakan jasa jaringan computer di Belanda, Inggris,
Denmark. Dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup
Usenet.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan computer yang ada, pada tahun 1984,
diperkenalkan system nama domain, yang kini dikenal dengan DNS ( Domain Name
System). Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1.000
komputer. Pada tahun 1987, jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak
10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. Pada tahun 1988 …
Internet di era kini tidak hanya dipergunakan oleh
orang-orang kalangan menengah ke atas dan perusahan-perusahanmbesar saja, namun
telah berkembang ke seluruh pelosok dunia, dari perkotaan sampai ke pedesaan.
Perkembangan ini dimungkinkan karena perkembangan tehnologi yang semakin pesat
dan cepat atau sering era ini disebut era revolusi informasi. Dalam era
perkembangan tehnologi yang begitu canggih telah menyebabkan internet menjadi
sesuatu yang tidak asing lagi, mulai dari kota sampai ke desa. Perkembangan
tehnologi informasi yang semakin pesat dari waktu ke waktu, khususnya internet
pada satu sisi sangat menguntungkan masyarakat, apalagi dengan kehadiran
tehnologi informasi yang semakin terjangkau, dan semakin lama semakin menurun
harganya karena persaingan di antara perusahan-perusahan besar yang semakin
ketat. Belum lagi, munculnya perusahan-perusahan baru dari China dan Korea yang
semakin merebut hati masyarakat, khususnya golongan ekonomi menengah ke bawah,
dengan harga yang jauh lebih murah.
Apa
itu internet? Internet adalah kumpulan dari jutaan computer di seluruh dunia
yang terkoneksi satu sama lainnya. Media koneksi yang digunakan bisa melalui
sambungan telepon, serat optic (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable),
satelit, atau dengan koneksi wireless. Ketika Anda log on (terhubung) dengan
internet, Anda diberikan hak akses ke computer lain di seluruh dunia yang
terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan tehnologi yang semakin pesat,
internet dapat diakses dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari
sebuah computer notebook. Setelah terhubung dengan internet, Anda dapat
mengirim dan menerima e-mail (surat elektornik), chatting dengan media teks
atau suara, berselancar (surfing) di world wide web, atau hal-hal lain dengan
suatu software aplikasi tertentu. Secara sederhana, cara kerja internet sama
seperti system pos atau system pengantar parcel. Bedanya internet bekerja
dengan sangat cepat. Misalnya, mengirim surat dari Jakarta ke Amerika, setelah
menekan tombol sent (kirim), e-mail tersebut akan menuju ke mail server (bagian
layanan yang ada di internet) akan mengontak mail server di Amerika melalui
rute Jakarta-Singapura-Jepang-Amerika, atau jika rute tersebut sibuk dapat
menggunakan rute Australia-Amerika. Jika satelit yang digunakan dalam rute
tersebut sibuk, maka mail server kita akan mengirim kembali setelah beberapa
saat sampai benar-benar terkirim. Bila dalam 4 hari atau lebih tidak terkirim
maka aka nada pemberitahuan melalui email bahwa email tersebut tidak sampai.
Rute yang dilewati paket data internet sangat panjang dan melibatkan banyak
computer di seluruh dunia.[5]
Penjelasan
di atas menegaskan bahwa internet memerlukan perangkat-perangkat seperti:
computer, Satelit dan lain-lain yang saling terkoneksi. Dengan demikian
kemajuan teknologi Informasi (kemajuan berbagai merek computer sampai pada
netbook), persaingan perusahan-perusahan dalam tehnologi informasi yang canggih
menyebabkan persaingan harga dari terbatas terjangkau menjadi terjangkau oleh
semua pihak.
Perangkat
tehnologi informatika seperti: computer, pocket pc, notebook, netbook, dan
telepon seluler yang semuanya bisa digunakan untuk browsing internet dengan
mudah, membuat masyarakat semakin dimanjakan. Sehingga saat ini internet bukan
lagi sebagai barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang bagi sebagian orang
adalah suatu keharusan. Tak heran lagi internet dijadikan tempat yang sangat
potensial untuk berbagai kegiatan, seperti: berbisnis (bisnis online), pendidikan
(pendidikan online), dan lain-lain.
Salah
satu fungsi internet adalah untuk menghilangkan jarak antara dua orang atau
lebih yang ingin bersosialisasi secara langsung. Kita ingin tulisan kita dibaca
oleh orang banyak di berbagai tempat (dunia), melalui bukupun bisa tapi sangat
terbatas, internet mengatasi kesulitan tersebut.
Punya
email namun hanya dipakai untuk facebook, berkirim surat dll.
Ada
banyak fasilitas gratis di internet, seperti weblog dll.
Tersedianya
weblog gratis, seperti blogspot, wordpress, multiply.
Blogspot
dalam praktik penggunaannya sangat mudah. Dengan kemudahan dalam penggunaan dan
pengelolaan, membuat blog (blogspot) lebih banyak diminati para penulis
dibandingkan dengan website lainnya.
Semakin
banyak orang mengunjungi blog dan mengapreasi tulisan Anda secara positif, Anda
akan semakin dikenal khalayak ramai. Secara umum, blog memiliki cirri sebagai
berikut:
1. Isi
utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis dan terbagi menjadi
beberapa kategori
2. Terdapat
arsip untuk berita atau informasi lama
3. Ada
tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentar
4. Biasanya
terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikunjungi, yang disebut
blogroll
Membuat blog tidak harus menyewa domain atau hosting.
Seorang dosen bisa memanfaatkan penyedia layanan blog, seperti: blogspot,
wordpress, multiply.
Blogger atau yang lebih dikenal dengan sebutan blogspot
merupakan salah satu layanan blog gratis yang popular saat ini. Dalam
penggunaan blogspot, dikenal Istilah Blogger dan Blogspot, kedua istilah ini
sama saja, istilah blogger digunakan untuk membuat akun, membuat artikel,
memodifikasi tampilan, dan lain-lain. Bisa dibilang, blogger sebagai halaman
administratornya, sedangkan blogspot alamat url dari blog yang kita buat.
Misalnya, http://yonas-muanley.blogspot.com[6]
Blog merupakan jurnal pribadi seseorang yang berisi
tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting, tulisan-tulisan tersebut bisa
berupa gagasan, ide bahkan sesuatu yang pernah dilakukan oleh pemilik blog
tersebut. Seiring dengan berkembangnya dunia jaringan internet membuat
tehnologi tak terdiam begitu saja, penggunaan jaringan internet dari tahun ke
tahun semakin bertambah pesat mendorong
tehnologi tersebut melangkah seperti roket. Penggunaan Blog sebagai media
jurnal pribadi online oleh semua kalangan membuatnya semakin popular, ditambah
dukungan penyedia layanan Blog popular Blogger.com.
Menurut statistic dari alexa.com, Indonesia menduduki
peringkat empat sebagai pengguna Blogger.com, ini menunjukkan budaya NgeBlog
sudah tidak asing lagi.[7]
Walaupun demikian sedikit sekali dosen teologi yang
memakai weblog untuk dijadikan sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah
yang diasuhnya. Padahal bahan kuliah dapat dimuat secara online di blog.
Terlebih lagi dosen dapat menjadikan blog sebagai papan tulis online, buku
online, bahan ajar online. Namun kenyataannya tidak banyak dosen teologi yang
menulis di blog. Khususnya memanfaatkan blog sebagai media instruksional
pengajaran dan menjadikannya sebagai multimedia untuk pengajaran sehingga
terjadi pembelajaran yang menyenangkan (pembelajaran yang menyapa belahan otak
kiri dan kanan) peserta didik. Penggunaan media pembelajaran memungkinkan hal
tersebut.
Pengalaman dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa
ketersediaan media dan pemanfaatannya sangat terbatas. Media yang sering
digunakan adalah media cetak seperti: diktat, modul, hand out, buku teks, bahan
ajar, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Dan didukung oleh alat bantu
sederhana yang masih dipergunakan seperti: papan tulis, whiteboard, kapur
tulis/spidol. Sedangkan media audio, siaran TV/Radio, overhead transparency,
video/film, dan media elektronik (computer, internet, khususnya blog) masih
belum secara intensif dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran. Media cetak
merupakan media yang paling sering dipergunakan oleh pengajar, karena mudah
untuk dikembangkan maupun dicari dari berbagai sumber. Namun kebanyakan media
cetak sangat tergantung pada verbal symbols (kata-kata) yang bersifat sangat
abstrak, sehingga menuntut daya imajinasi yang sangat tinggi dari peserta
didik, aspek ini dapat menyulitkan peserta didik memahami informasi yang
terkandung di dalamnya. Oleh karena itu dalam pemanfaatan media, diperlukan
kreativitas dan pertimbangan instruksional yang matang dari pengajar. Kenyataan
yang sering terlihat adalah banyak pengajar menggunakan media pembelajaran
seadanya tanpa pertimbangan pembelajaran. Salah satu media yang sangat menarik
untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah media Web Blog atau biasanya
disebut dengan Blog. Blog sebagai salah satu layanan aplikasi dari internet
dapat dimanfaatkan oleh pengajar (dosen) dan pebelajar sebagai sumber belajar
yang tidak terbatas. Pengajar dapat meng-upload semua informasi yang berkaitan
dengan materi pembelajaran yang diajarkan dengan menambahkan multimedia
(gambar, animasi, efek suara dan video) agar menarik dan lebih mudah
dipelajari.
Jadi masalah penelitian ini yakni menimbulkan kesadaran
dosen teologi dalam memanfaatkan blog sebagai media instruksional pembelajaran.
Yesus mengajar orang banyak di atas perahu. Sejauhmana dosen mengajar melalui
internet?
Di
era Internet kini tidak hanya dipergunakan oleh orang-orang kalangan menengah
ke atas dan perusahan-perusahanmbesar saja, namun telah berkembang ke seluruh
pelosok dunia, dari perkotaan sampai ke pedesaan. Perkembangan ini dimungkinkan
karena perkembangan tehnologi yang semakin pesat dan cepat atau sering era ini
disebut era revolusi informasi. Dalam era perkembangan tehnologi yang begitu
canggih telah menyebabkan internet menjadi sesuatu yang tidak asing lagi, mulai
dari kota sampai ke desa. Perkembangan tehnologi informasi yang semakin pesat
dari waktu ke waktu, khususnya internet pada satu sisi sangat menguntungkan
masyarakat, apalagi dengan kehadiran tehnologi informasi yang semakin
terjangkau, dan semakin lama semakin menurun harganya karena persaingan di
antara perusahan-perusahan besar yang semakin ketat. Belum lagi, munculnya
perusahan-perusahan baru dari China dan Korea yang semakin merebut hati
masyarakat, khususnya golongan ekonomi menengah ke bawah, dengan harga yang
jauh lebih murah.
Apa
itu internet? Internet adalah kumpulan dari jutaan computer di seluruh dunia
yang terkoneksi satu sama lainnya. Media koneksi yang digunakan bisa melalui
sambungan telepon, serat optic (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable),
satelit, atau dengan koneksi wireless. Ketika Anda log on (terhubung) dengan
internet, Anda diberikan hak akses ke computer lain di seluruh dunia yang
terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan tehnologi yang semakin pesat,
internet dapat diakses dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari
sebuah computer notebook. Setelah terhubung dengan internet, Anda dapat
mengirim dan menerima e-mail (surat elektornik), chatting dengan media teks atau
suara, berselancar (surfing) di world wide web, atau hal-hal lain dengan suatu
software aplikasi tertentu. Secara sederhana, cara kerja internet sama seperti
system pos atau system pengantar parcel. Bedanya internet bekerja dengan sangat
cepat. Misalnya, mengirim surat dari Jakarta ke Amerika, setelah menekan tombol
sent (kirim), e-mail tersebut akan menuju ke mail server (bagian layanan yang
ada di internet) akan mengontak mail server di Amerika melalui rute
Jakarta-Singapura-Jepang-Amerika, atau jika rute tersebut sibuk dapat
menggunakan rute Australia-Amerika. Jika satelit yang digunakan dalam rute
tersebut sibuk, maka mail server kita akan mengirim kembali setelah beberapa
saat sampai benar-benar terkirim. Bila dalam 4 hari atau lebih tidak terkirim maka
aka nada pemberitahuan melalui email bahwa email tersebut tidak sampai. Rute
yang dilewati paket data internet sangat panjang dan melibatkan banyak computer
di seluruh dunia.[8]
Penjelasan
di atas menegaskan bahwa internet memerlukan perangkat-perangkat seperti:
computer, Satelit dan lain-lain yang saling terkoneksi. Dengan demikian
kemajuan teknologi Informasi (kemajuan berbagai merek computer sampai pada
netbook), persaingan perusahan-perusahan dalam tehnologi informasi yang canggih
menyebabkan persaingan harga dari terbatas terjangkau menjadi terjangkau oleh
semua pihak.
Perangkat
tehnologi informatika seperti: computer, pocket pc, notebook, netbook, dan
telepon seluler yang semuanya bisa digunakan untuk browsing internet dengan
mudah, membuat masyarakat semakin dimanjakan. Sehingga saat ini internet bukan
lagi sebagai barang mewah, melainkan sebuah kebutuhan yang bagi sebagian orang
adalah suatu keharusan. Tak heran lagi internet dijadikan tempat yang sangat
potensial untuk berbagai kegiatan, seperti: berbisnis (bisnis online),
pendidikan (pendidikan online), dan lain-lain.
Salah
satu fungsi internet adalah untuk menghilangkan jarak antara dua orang atau
lebih yang ingin bersosialisasi secara langsung. Kita ingin tulisan kita dibaca
oleh orang banyak di berbagai tempat (dunia), melalui bukupun bisa tapi sangat
terbatas, internet mengatasi kesulitan tersebut.
Fakta
menunjukkan bahwa setiap dosen dan mahasiswa punya email namun hanya dipakai
untuk facebook, berkirim surat dll. Sedikit yang memakai email untuk membuka
account weblog gratis. Sekaligus belajar memanfaatkan teknologi internet,
khususnya halaman-halaman website sebagai media eksistensi dosen.
Ada
banyak fasilitas gratis di internet, seperti weblog dll. Tersedianya weblog
gratis, seperti blogspot, wordpress, multiply, dapat dipakai untuk hal-hal yang
bermanfaat. Salah satunya adalah dapat dipakai oleh dosen untuk mengonlinekan
bahan kuliahnya, silabus, RPP dan kontrak pembelajaran, dll. Blogspot dalam
praktik penggunaannya sangat mudah. Dengan kemudahan dalam penggunaan dan
pengelolaan, membuat blog (blogspot) lebih banyak diminati para penulis
dibandingkan dengan website lainnya.
Semakin
banyak orang mengunjungi blog dan mengapreasi tulisan Anda secara positif, Anda
akan semakin dikenal khalayak ramai. Secara umum, blog memiliki cirri sebagai
berikut:
5. Isi
utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis dan terbagi menjadi
beberapa kategori
6. Terdapat
arsip untuk berita atau informasi lama
7. Ada
tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentar
8. Biasanya
terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikunjungi, yang disebut
blogroll
Membuat blog tidak harus menyewa domain atau hosting.
Anda bisa memanfaatkan penyedia layanan blog, seperti: blogspot, wordpress,
multiply.
Blogger atau yang lebih dikenal dengan sebutan blogspot
merupakan salah satu layanan blog gratis yang popular saat ini. Dalam
penggunaan blogspot, dikenal Istilah Blogger dan Blogspot, kedua istilah ini
sama saja, istilah blogger digunakan untuk membuat akun, membuat artikel,
memodifikasi tampilan, dan lain-lain. Bisa dibilang, blogger sebagai halaman
administratornya, sedangkan blogspot alamat url dari blog yang kita buat.
Misalnya, http://yonas-muanley.blogspot.com
[9]
Blog merupakan jurnal pribadi seseorang yang berisi
tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting, tulisan-tulisan tersebut bisa
berupa gagasan, ide bahkan sesuatu yang pernah dilakukan oleh pemilik blog
tersebut. Seiring dengan berkembangnya dunia jaringan internet membuat
tehnologi tak terdiam begitu saja, penggunaan jaringan internet dari tahun ke
tahun semakin bertambah pesat mendorong
tehnologi tersebut melangkah seperti roket. Penggunaan Blog sebagai media
jurnal pribadi online oleh semua kalangan membuatnya semakin popular, ditambah
dukungan penyedia layanan Blog popular Blogger.com.
Menurut statistic dari alexa.com, Indonesia menduduki
peringkat empat sebagai pengguna Blogger.com, ini menunjukkan budaya NgeBlog
sudah tidak asing lagi.[10]
Cara memanfaatkan weblog sebagai media
pembelajaran/sumber pembelajaran teologi dan pendidikan agama Kristen. Ada
beberapa pilihan, menjadi blogger (orang yang memanfaatkan blog untuk berbagai
keperluan) yaitu: (1) tingkat pemula, (2) tingkat menengah, (3) tingkat mahir.
Berdasarkan riset sederhana di internet dengan memakai
google, blogspot (blogger) memiliki peringkat terbaik di mesin pencari google
dan peringkat berikutnya adalah wordpress. Artinya bila seorang dosen
memanfaatkan blogspot untuk memposting bahan ajarnya maka dalam beberapa waktu
cepat sekali terindeks oleh google dan dibaca oleh banyak orang di seluruh
dunia.
Di atas telah ditegaskan bahwa dalam menggunakan free
weblog seperti Blogspot.com dan wordpress.com, ada kategorinya yaitu mulai dari
pemula sampai pada tingkat mahil dalam memanfaatkan blog. Untuk dosen teologi
bisa dimulai dari tingkat pemula.
Menjadi
Tingkat Pemula dalam memakai blog Blogger.Com. Syaratnya sebagai berikut.
a. Punya
email/membuat email
1. Yahoo
2. Ymail
3. Gmail
b.Pengertian Blog
c. Membuat Blog
d. Membuat Entri (Posting Materi Kuliah)
e. Tampilan Blog
a.
Template blog
b.
Template Dinamis
c.
Template dari pihak ketiga (Blogger)
c. Membuat Tombol Navigasi untuk:
a. Silabus
b. Tugas
c. Sistem Penilaian
d. Kontak dengan dosen
e. Standar Kompetensi
f. Kompetensi Dasar
g. Indikator
h. dll (sesuai kebutuhan)
Contoh-contoh Pemanfaatan Free Weblog berbasis blogspot
untuk bahan Ajar Online dengan sejumlah tugas. Contoh untuk Mahasiswa di STT
IKSM SA, STT ARRABONA, STT RAHMAT EMMANUEL.
Jadi, dalam
penelitian ini yang dimaksud dengan pemanfaatan free weblog adalah kemampuan
dosen memanfaatkan blog gratis untuk mendukung tercapainya efektivitas proses
pembelajaran dengan indicator:Blog Dosen (1) membuat blog, (2) menata blog, (3)
memposting Standar Kompetensi dan (4) Kompetensi Dasar, (5) memposting bahan
Ajar Secara Online, (4) Kontrak Pembelajaran, (5) silabus, (6) RPP/SAP, (6)
membuat tombol navigasi, (7) tugas online (8) UTS Online (9) UAS online Blog Mahasiswa:
Mahasiswa Paper Online/Makalah Online/Hasil Diskusi Online
[1] Hanni Sofia dan Budhi
Prianto, Panduan Mahir Akses Internet
(Jakarta : Kriya Pustaka, 2010), 4-5
[2] Hanni Sofia dan Budhi
Prianto, Panduan Mahir Akses Internet
(Jakarta : Kriya Pustaka, 2010), 4-5
[3]Hanni Sofia dan Budhi
Prianto, Panduan Mahir Akses Internet
(Jakarta : Kriya Pustaka, 2010), 5-6
[4]Jarot S. dan Sudarma S. Cara Mudah Menguasai Internet dalam 5 Hari
(Jakarta : Media Kita, 2011), 2, 15
[5] Hanni Sofia dan Budhi
Prianto, Panduan Mahir Akses Internet
(Jakarta : Kriya Pustaka, 2010), 1-2
[6] Jarot S. & Sudarma S.,
Cara Mudah Menguasai Internet dalam 5
Hari (Jakarta : Media Kita, 2011),
34
[7] W3hol, Ngeblog,
Emang Bisa Kaya?? Membuat Blog gratis anda menjadi Mesin Uang yang dapat
menghasilkan jutaan rupiah perbulan (ttp : DSI Publishing, 2009), iii
[8] Hanni Sofia dan Budhi
Prianto, Panduan Mahir Akses Internet (Jakarta : Kriya Pustaka, 2010), 1-2
[9] Jarot S. & Sudarma S.,
Cara Mudah Menguasai Internet dalam 5
Hari (Jakarta : Media Kita, 2011),
34
[10] W3hol, Ngeblog,
Emang Bisa Kaya?? Membuat Blog gratis anda menjadi Mesin Uang yang dapat
menghasilkan jutaan rupiah perbulan (ttp : DSI Publishing, 2009), iii