Kamis, 12 Juli 2012

Merintis Penggunaan Blog Oleh Dosen di STT IKSM Santosa Asih

Blog ini dikelola oleh Yonas Muanley, M.Th. Sejak saya mengenal dan menggunakan, tepatnya mulai tahun 2008, waktu itu seorang teman saya, Bernike Sihombing memperkenalkan kepada saya bagaimana membuat blog, ia memulainya dengan membuat email untuk saya, email ini sebagai syarat membuat blog yang berbasis free seperti blogspot dan wordpress. Pak Bernike berhasil membuat email dan blog berbasis freeweblog dengan alamat blog: http://ymuanley.blogspot.com Sejak saat itu saya tertarik dan terus membenahi diri mengonlinekan hasil pikiranku, dalam bentuk materi kuliah maupun artikel-artikel di sekitar didaktik dan teologi, bahkan belakangan ini saya mencoba ke dunia bisnis online, dan membuat beberapa blog untuk mempromosikan produk-produk dari pemilik website dalam bentuk reseller dan affiliate. Blog-blog saya di bidang umum berhasil menempati rangking 1-10 google Indonesia dengan keyword tertentu. Misalnya "penghasilan online berbasis reseller dan affiliate Indonesia", "Program Reseller Pilihan", Affiliate Online Indonesia", "Setia berinternet dengan Indosaat Im2". Silakan mencobanya di google Indonesia.
Saya mulai belajar menjadi pemula dalam menggunakan blog. Selanjutnya saya berpetualang di hutan rimba internet, mulai tergiur dengan tawaran penghasilan online. Saya pun mulai belajar sampai larut malam. Istriku, sering menasehati saya untuk tidak berlama-lama di depan laptop karena alasan kesehatan.
Pada tahun 2010, saya mengalami kegoncangan. Doa Bapa kami: beri kami hari ini makanan yang secukupnya". Bagaimana harus menata tiga buah hatiku bersama istriku tersayang. Saya terus belajar. Saya membeli berbagai produk yang ditawarkan secara online, hasilnya ada yang menipu saya, tetapi ada juga yang menawarkan produk online dengan hati, artinya pemilik produk itu tidak mau menipu orang. Produk itu namanya Rahasia Website Pemula dan yang lain. Banyak uang yang saya keluarkan, kurang lebih 3-4 Juta. Memang hasilnya secara materi belum saya nikmati, saya yakin masih tertunda, tetapi disisi yang lain, saya mendapat pelajaran yang sangat berharga untuk menata Blog. Semua blog yang saya kelola adalah free weblog, tetapi tampilannya (templatenya) mantap. Tombol-tombol Navigator blogpun semakin mantap menhiasi blogku. itulah sebabnya saya bermimpi memakai weblog untuk proses pembelajaran yang menyenangkan. Filosofisku: "dimana ada sinyal di sana kita bisa belajar"
Pada 1 April 2010 saya diterima di STT IKSM Santosa Asih yang berada di bawah Gereja Santosa Asih yang ketua sinodenya adalah Pastor Moses Hasibuan. Saya berterimakasih karena dapat berkarya di taman ISKSM Santosa Asih. Oleh karena itu ya Tuhan, beri kepadaku kekuatan untuk memelihara dan mengusahakan taman itu, dan bukan untuk merusaknya. Jika ada ular di atas pohon, dewasakan logiku dan hatiku untuk dapat menolak segala tawarannya.
Memasuki tahun Ajaran 2012/2013 di STT IKSM Santosa Asih, untuk semester yang berlangsung bulan Agustus - Desember 2012, saya mau mendorong rekan-rekan dosen untuk memiliki blog yang disebut blog dosen stt IKSM Santosa Asih. Setiap dosen dapat membuat blog untuk mata kuliah yang diasuhnya. Misalnya, saya semester ini mengajar mata kuliah "Media Pembelajaran" maka saya dapat membuat blog mata kuliah media pembelajaran, dan seterusnya. Teknisnya setiap mata kuliah dapat dibuat blog tersendiri atau dapat digabung. Hal itu bergantung dosen.
Berdasarkan pengalaman online, khususnya penyampaian pesan (isi Pendidikan Agama Kristen, Teologi dan atau bidang lainnya), saya sering memanfaatkan web blog atau weblog yang merupakan singkatan dari blog. Saya biasanya memakai blog yang gratis, seperti blogspot dan wordpress. Kedua fasilitas blog ini sangat baik dipakai untuk menyampaikan informasi yang tidak hanya untuk pribadi tetapi dapat juga bersifat publik, semua orang di seluruh dunia dapat mengaksesnya. Dalam konteks itu, saya ingin menjadi perintis, pendorong rekan-rekan dosen di STT IKSM Santosa Asih untuk memanfaatkan blog sebagai media untuk setiap mata kuliah yang diasuhnya. Kita dapat membuat Bahan Ajar online, media online, paper online, Risensi online, dengan kata lain semua kegiatan dapat dionlinekan dengan memanfaatkan free weblog. Saya sedang merancang untuk menjadikan Free Weblog, khususnya "Blogspot" sebagai Ragam Media Pembelajaran untuk seluruh mata kuliah yang saya asuh. Setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah dapat membuat buku catata, paper, makalah, risensi, dan dipublikasikan secara online. Jelasnya, setiap mahasiswa memiliki buku online, yang didalamnya dapat memuat seluruh mata kuliah dan tugas yang dikerjakan.

Doa: Tuhan berkatilah penemu blogspot dan wordpress, penemu internet, penemu komputer/laptop/netbook, berkatilah pemerintahku Republik Indonesia, karena tanpa aturan yang baik tidak mungkin internet ada di Indonesia. Sukses Pemerintahku Republik Indonesia. Presiden, wakil presiden, dan seterusnya
Demikian penjelasan awal

Salam blogspot dan wordpress

Yonas Muanley

Penggenapan Harapan:

Mulai semester Agustus - Desember 2013, saya menyarankan dan atau mewajibkan mahasiswa menggunakan blog ternyata mahasiswa mulai antusias. Khususnya dalam perlombaan meraih hadiah peringkat google: 1-10 besar dengan kata kunci "Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, atau Teknologi dan Media PAK, bisa juga Teknologi dan Media Pembelajaran PAK. Nanti setelah akhir semester akan diumumkan siapa-siapa yang berhasil menduduki peringkat google: 1-10
Kepada mahasiswa STT IKSM SA semester V selamat bertarung untuk merebut hadiah yang disiapkan dosen MK. Teknologi dan Media Pembelajaran PAK. Hadiahnya adalah "Hp" atau dalam bentuk rupiah.
Previous Post
First
Related Posts

0 komentar: