Senin, 27 Agustus 2012

Silabus MK. Teknologi dan Media Pendidikan Agama Kristen


Silabus[1]

PT                               : STT IKSM SA
Mata Kuliah                 : Teknologi dan Media Pembelajaran PAK
Bobot                          : 2 sks
Semester                     : V
Jumlah Pertemuan       : 14x2x50 menit
Dosen                         : Dr. Yonas Muanley, M.Th.
Tahun Ajaran                : 2013/2014 (Agustus – Desember 2012)



STANDAR KOMPETENSI

Melalului mata kuliah Teknologi dan Media PAK mahasiswa menguasai berbagai aspek teknologi untuk kebutuhan sebagai pendidik professional, dan sadar bahwa teknologi merupakan guru di era modern serta menunjukan kebiasaan menggunakan teknologi dan fasilitas internet untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen


Kompetensi Dasar
1.    Mampu menjelaskan Hakikat teknologi dan teknologi pembelajaran
Indikator:
a.    Menjelaskan Hakikat teknologi
b.    Menjelaskan teknologi Pembelajaran
2.    Mampu menguraikan Peranan teknologi pembelajaran
Indikator:
a.    Menguraikan Pernan Teknologi Pembelajaran
3.    Mampu menjelaskan dimensi-dimensi teknologi pembelajaran
Indikator:
a.    Menjelaskan dimensi-dimensi teknologi pembelajaran
4.    Mampu mengidentifikasi Pusat sumber belajar
Indikator:
a.    Mengidentifikasi pusat sumber belajar
5.    Mampu menghayati Hakikat media pembelajaran
Indikator:
a.    Menghayati hakikat media pembelajaran
6.    Mampu menguraikan kategori dan jenis media pembelajaran
Indikator:
a.    Menguraikan kategori dan jenis media pembelajaran
7.    Mampu mendeteksi Media pembelajaran PAK
Indikator:
a.    Mendeteksi Media pembelajaran PAK
8.    Mampu memperlihatkan minatnya kepada Media dan Teknologi Pembelajaran PAK
Indikator:
a.    Memperlihatkan minatnya kepada media dan teknologi Pembelajaran PAK
9.    Mampu memanfaatkan Media dan Teknologi Pembelajaran, khususnya fasilitas internet dalam kiprahnya sebagai pendidik di tengah masyarakat
Indikator:
a.    Gemar memanfaatkan media dan Teknologi Pembelajaran dalam kiprahnya sebagai pendidik di tengah masyarakat.

Pokok-pokok Materi Perkuliahan:
1.    Hakikat Teknologi dan Teknologi Pembelajaran
2.    Peranan Teknologi Pembelajaran
3.    Dimensi-dimensi Teknologi Pembelajaran
4.    Pusat Sumber Belajar
5.    Hakikat Media Pembelajaran
6.    Kategori dan Jenis Media Pembelajaran
7.    Media Pembelajaran PAK
8.    TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAK
9.    Fasilitas Internet (e-mail, dan world wide web/www: Berbayar, Gratis, khususnya Pemanfaatan weblog sebagai Media Pembelajaran PAK


Sumber:
Buku-buku 

Standar Proses Pembelajaran:

Pendekatan     :
  1. Kelompok
  2. Partisipatoris
Pengalaman Belajar/Kuliah:
1.    Mahasiswa Mendengar penjelasan dosen tentang materi teknologi dan media pembelajaran
2.    Mahasiswa mendiskusikan berbagai hal tentang teknologi sebagai media pembelajaran
3.    Mahasiswa mengamati
4.    Mahasiswa membuat laporan
5.    Mahasiswa mempraktekkan teknologi pembelajaran PAK
Metode Perkuliahan:
1.    Ceramah seperlunya
2.    Tanya Jawab
3.    Diskusi
4.    Penelitian

Tugas:

1.    Studi Kepustakaan
2.    Pengamatan terhadap lembaga pendidikan di Indonesia
3.    Membuat Laporan (portofolio)
4.    Membuat presentasi


Sistem Penilaian:
1.    Partisipasi dan kehadiran        : 10 %
2.    Presentasi                               : 20 %
3.    Laporan Tugas (Blog)             : 40 %
4.    UTS                                         : 20
5.    UAS                                        : 20 %

Teknis :
  1. Tertulis
Bentuk Soal    :
1.    Esei
2.    Tes Sikap
3.    Porto Folio
4.    Proyek
5.    Unjuk kerja
Media Perkuliahan:
1.    Laptop
2.    LCD Proyektor
3.    VCD dan
4.    Buku Ajar

SUMBER BELAJAR

1.    Keluarga
2.    Media eloktronik (internet)
3.    Nara Sumber
4.    Lingkungan alam
5.    Lingkungan sosial
6.    Teman di Kampus
7.    Teman di Masyarakat setempat
8.    Komunitas Gereja
9.    Literatur/Buku-buku Refrensi (lembaran tersendiri)

Literatur (Sumber-sumber):

1.      Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc., Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan.Jakarta : Pusat Tehnologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Pustekkom DIKNAS, 2004
2.      Yowenus Wenda, Media Pembelajaran Berbasis Cetakan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Jogyakarta : Randa’s Family Press, 2009
3.      Hamalik Umar, Media Pendidikan. Bandung : Alumni Bandung, 1982
4.      Amir Tengku Ramli dan Erlin Trisyulianti, Memompa Tehnik Pengajaran Menjadi Guru Kaya. Depok : Kawan Pustaka, 2006 (khusus teori belahan otak
5.      H. Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa. Bandung : Bumi Aksara, 2008
6.      Hanni Sofia, Panduan Mahir Akses Internet. Jakarta : Kriya Pustaka, 2010
7.      Jarot S. dan Sudarma S. Cara Mudah Menguasai Internet. Jakarta : Media Kita, 2011
8.      Eko Priyo Utomo. Panduan Internet Untuk Pemula. Jakarta : Media Kom, 2008
















[1]Silabus S-1 PAK yang dikeluarkan Dirjen Kristen Kementerian Agama RI Tahun 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar